Di Selah Waktu Kades Wiwitan Memanfaatkan Pekarangan Rumahnya

Headline News264 Dilihat

Luwu,  Lintera News — Dimasa Pandemik virus covod-19 telah dirasakan langsung dampaknya oleh masyarakat, dengan begitu tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan memanfaatkan pekarangan rumah tapi bisa menjadi sumber pendapatan tambahan 

Seperti halnya dilakukan Kepala Desa (Kades) Wiwitan Sriyanto, bersama istrinya Sri Hasana, disela waktu sebagai abdi masyarakat dikantor tengah memberi contoh kepada warganya dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya sebagai media budi daya tanaman penuh gizi polibag sebagai media tanamnya. ujarnya kepada awak media ini saat ditemui di pekarangan, Jumat (18/12/2020)

Menjelaskan, supaya ke depan masyarakat terajak menerapkan jika setiap rumah memiliki tanaman yang bisa dipetik setiap saat tujuannya, agar bisa mengurangi pengeluaran setiap harinya untuk kebutuhan bahan pokok dapur ada beberapa jenis tanaman yang sedang dikembangkan olehnya sudah mencapai ratusan pohon tanaman bergizi.

Melalui tim penggerak PKK diharapkan program usaha untuk meningkatkan pemenuhan gizi mikro melalui perbaikan menu keluarga bisa tercapai, dengan memanfaatkan pekarangan rumah memiliki beberapa fungsi, di antaranya diperoleh sayuran yang lebih terjamin kebersihan dan mutunya, karena penggunaan pestisida yang dapat ditekan semaksimal mungkin.

Selain itu, bertanam sayuran berarti melatih seluruh anggota keluarga untuk lebih mencintai alam. Bahkan di tengah kondisi masa sulit seperti ini harga bahan kebutuhan pokok naik, menanam sayur mayur di kebun dapat turut membantu perekonomian dalam rumah tangga, bahkan kalau hasilnya lebih, bisa dijual ke pasar.

Bisa dibayangkan, setiap hari kebutuhan dapur bisa mencapai lebih dari Rp20.000. Tetapi kalau punya lahan sayur sendiri enak otomatis lebih hemat pengeluarannya, timpal istri Kades, Sri Hasana mengakhiri perbincangan 

Liputan : Adyrman